Materi S2C  : Selasa, 28 Februari 2017       Durasi: 20 Menit

Nats           : Ibrani 13:15-16

Tema         : Panggilan Hidup seorang Imam Tuhan

                   adalah mempersembahkan Korban.

PENDAHULUAN. 

Sebagai Imam panggilan hidup kita, wajib mempersembahkan Korban / persembahan (Roma 12:1-2. Dalam bahasa Alkitabiah “korban” atau “persembahan” identik dengan membawa sesuatu kepada Allah atau tindakan membawa sesuatu ke dalam hadirat Allah.

Oleh sebab itu Tuhan berfirman : janganlah menghadap ke hadirat Tuhan dengan tangan yang hampa – Kel. 23:15; 34:20; Ul.16:16.

 

KALIMAT KUNCI (KAL_KUN):  Bagaimana korban  persembahan yang berkenan kepada Tuhan?

  1. Ibrani 13: 15 Mempersembahkan Korban Syukur
  • 116:17; 107:22; 34:2 “Aku akan mempersembahkan korban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama TUHAN” Sudahkah kita bersyukur hari ini atas semua kebaikan Tuhan dalam hidup kita? Sudahkah kita memuji Tuhan atas penyertaanNya sepanjang hari ini? Bahkan dalam keadaan sulit sekalipun, sebab itulah yang dikehendaki Tuhan di dalam Kristus seperti yang disebutkan dalam 1 Tes. 5:18
  • Mengapa kita perlu menaikkan Pujian Syukur? Salah satunya adalah menghadirkan kemuliaan Tuhan – 2 Taw. 5:13-14 apabila kemuliaan Tuhan ada itu merupakan tanda penyertaan Allah bagi umatNya. Demikian juga ketika Yunus mengucapkan syukur ia terlepas dari bahaya Yun. 2:9-10.

Aplikasi : Janganlah pernah lalai untuk mengucap syukur kepadaNya, dan itu berlaku dalam segala hal.

  1. Ibrani 13:16a – Berbuat Baik.
  • Berbuat baik disini artinya bahwa kasih kepada Tuhan itu harus dinyatakan dalam kasih kepada sesama. Kasih kepada sesama diwujudkan dalam hal menolong orang(Ibr.13:2), mem perhatikan orang yang diperlakukan tidak adil (Ibr.13:3), menguasai hawa nafsu khususnya dengan menjaga kekudusan dalam pernikahan (Ibr.13:4), menjauhkan diri dari ketamakan (Ibr.13:5) dan taat kepada pemimpin (Ibr. 13:17. Dengan kata lain, kita dipanggil untuk tidak hidup berorientasikan kepuasan diri sendiri.
  • Keegoisan, seks dan uang merupakan godaan dosa yang sering membuat anak-anak Tuhan jatuh! Selagi ada kesempatan marilah kita berbuat baik kepada semua orang.

Aplikasi : “Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik- 1 Pet. 3:13.

 

  1. Ibrani 13:16b – Memberi bantuan

·         Kata “memberi bantuan” dalam bahasa Yunaninya adalah “Koinonia”  yang berarti persekutuan, kebaikan hati, sumbangan, simpati, tanda persekutuan, keikutsertaan, relasi yang dekat, ikut ambil bagian, berpartisipasi, dan memberikan kontribusi sebagai wujud ikut ambil bagian.

·         Jemaat mula-mula bertekun dalam persekutuan, persekutuan tersebut telah menghasilkan mujizat dan tanda, bahkan disebutkan bahwa semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing (Kis 2:42-47).

Aplikasi: Maukah kita menjadi mengambil bagian atau memberi kontribusi bagi yang memerlukan?

 

Kesimpulan. Berlomba – lombalah untuk mempersembahkan korban yang berkenan kepada Tuhan yaitu dengan mempersembahkan korban syukur, berbuat baik dan memberi bantuan. Hal ini bukan kekuatan kita namun Tuhan sudah memperlengkapi dan mengerjakan dalam hidup kita – Ibrani 13:21. Amin. Berilah ilustrasi/kesaksian untuk aplikasi!

Write a comment:

You must be logged in to post a comment.

Loading...