Materi S2C  : Selasa, 21 Februari 2017       Durasi: 20 Menit

Nats           : 1 Petrus 3:9; Roma 12:14 & 1 Korintus 4:12

Tema         : Panggilan Hidup seorang Imam Tuhan

                   adalah Memberkati.

PENDAHULUAN.  

Sebagai Imam panggilan hidup kita, selain membawa damai namun juga harus bisa memberkati. Alkitab mengajarkan bahwa kita sebagai orang percaya dipanggil untuk memberkati 1 Pet. 3:9. Apa artinya memberkati ? Mari kita melihat apa artinya memberkati

 

KALIMAT KUNCI (KAL_KUN):  arti memberkati bagi kita sebagai Imam Tuhan?

  1. Memberkati artinya adalah  kita berdoa meminta berkat bagi orang lain.
  • Kitab Yakobus mengatakan dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Kitab Yakobus mengajarkan bahwa mulut yang mengeluarkan perkataan tidak benar adalah dosa. Jadi kita harus memakai mulut kita untuk memberkati bukan mengutuk. Memberkati juga dapat berarti kita berdoa meminta berkat kepada Tuhan bagi orang lain.
  • Tuhan Yesus mengajarkan yaitu :”Kasihilah musuhmu dan berdoa bagi mereka yang menganiaya kamu”. Dalam hal ini hidup Tuhan Yesus memberikan contoh yang sempurna. Ketika orang-orang menyalibkan Dia dan membenci Dia, Tuhan Yesus berdoa kepada Bapa di sorga bagi mereka supaya dosa mereka diampuni.

 

Aplikasi: Berdoa meminta berkat bagi orang lain adalah cara kita memberkati.

 

  1. Memberkati artinya adalah tidak membalas kejahatan dengan kejahatan.
  • “Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!” (Rom.12:14) “kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar;” (1 Kor.4:12) “Dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.” (1 Pet.3:9)

Aplikasi : Marilah kita memberkati dengan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan.

 

  1. Memberkati artinya kita menjadi saluran berkat bagi orang lain
  • Hidup Kristus menjadi berkat bagi banyak orang. Kristus mati supaya orang yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal dan hidup yang berkelimpahan. Demikian juga kita harus menjadi saluran berkat, jadi garam dan terang dunia sehingga orang sekitar kita mengenal Allah (Mat.5:16).
  • Kita dipanggil untuk menjadi berkat baik bagi orang percaya maupun bagi orang yang belum percaya Tuhan. Dan terutama kita harus memberikan berkat kepada saudara-saudara seiman kita. Ketika kita hidup saling mengasihi, saling rukun dan saling memberkati satu sama lain diantara saudara seiman, disanalah berkat-berkat Tuhan dicurahkan Maz.133.
  • Hidup Kristus menjadi berkat bagi banyak orang. Kristus mati supaya orang yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal dan hidup yang berkelimpahan.

 

Aplikasi: Maukah kita menjadi saluran berkat bagi orang lain?

 

Kesimpulan. Dalam pembelajaran hari ini kita telah berbicara tentang tugas seorang imam adalah memberkati. Kita bisa memberkati dengan cara : 1) berdoa meminta berkat bagi orang lain, 2) tidak membalas kejahatan & 3) rela menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Marilah kita memakai momentum ini untuk membenahi hidup kita, membenahi sifat, sikap, tindakan dan perkataan kita, suka memberkati dan menjauhkan diri dari sifat suka mengutuk.Amin. Berilah ilustrasi/kesaksian untuk aplikasi!

Write a comment:

You must be logged in to post a comment.

Loading...