Materi S2C  : Selasa, 7 Maret 2017                Durasi: 20 Menit

Nats           : Mazmur 84:10

Tema         : Memahami makna Hidup Dalam Hidirat Tuhan

                   (Doa, Pujian & Penyembahan).

PENDAHULUAN.  

Minggu ini kita akan belajar Pilar IV: Menjadikan Jemaat, Menjadi Imam yang Berimamat. Point kelima: Hidup dalam Hadirat Allah (Doa, pujian dan penyembahan). Maz84:10a “Lebih baik satu hari dipelataranMu Tuhan daripada seribu hari di tempat lain.” Inilah ungkapan Daud yang menggambarkan kesukaannya akan hadirat Allah (baik melalui doa, pujian dan penyembahan).

 

KALIMAT KUNCI (KAL_KUN): memahami makna Hidup Dalam Hadirat Tuhan (Doa, Pujian & Penyembahan)!

  1. Doa
  • Beberapa orang Kristen sulit untuk menyediakan waktu khusus buat Tuhan. Andaikan berdoa/bersaat teduh juga hanya singkat dan sekedarnya. Bahkan beberapa para pelayan/Hamba Tuhan yang lebih suka melayani daripada bersekutu dengan Tuhan.
  • Itu sebabnya jangan salahkan Tuhan bila hidup mereka mengalami kekalahan dan kekeringan (Mat.26:40-41). Itu sebabnya kita harus lebih suka bersekutu dengan Tuhan daripada kegiatan apapun.

Aplikasi : Pendoa berhenti menjadi Pendosa, Pendosa berhenti menjadi Pendoa yang artinya orang yang berdoa bisa menguasai diri sehingga ia berhenti dari dosa. Orang yang berdosa gagal kuasai diri, sehingga ia berhenti dari doa.

 

  1. Pujian
  • Pujian adalah ekspresi manusia berupa ungkapan hati yang ditujukan kepada Allah, sebagai tanggapan atas perbuatan-Nya dan juga atas diri pribadi Allah sendiri (Kel. 14-15).
  • Pujian kepada Allah lahir dari keputusan untuk bersedia memuji, yang berarti terlepas dari keadaan atau perasaan baik atau buruk, karena pada dasarnya pujian didasarkan atas kebesaran Allah. Pujian diberikan kepada Allah karena memang Allah layak dipuji (Mzm. 135).
  • Pujian adalah merupakan senjata yang Allah letakkan dalam diri setiap orang-orang percaya sejak mulai ada dalam dunia (Mat. 21:16) untuk mengalahkan kuasa kegelapan.

Aplikasi : Pujilah Allah di setiap waktu!

 

  1. Penyembahan
  • Penyembahan lahir dari pengenalan akan Allah. Penyembahan adalah tindakan yang dipenuhi pemujaan, rasa tunduk dan hormat kepada Tuhan (Mzm. 95:1-2; 96:1-3). Penyembahan dapat terjadi kapan saja. Penyembahan merupakan suatu bentuk respon yang tepat kepada Allah yang telah memberikan segala sesuatu, yang bertahta dalam kekekalan, kepada Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan.
  • Menyembah berarti bahwa umat Allah atau orang-orang percaya sedang menyambut Allah untuk berkuasa atas pribadi mereka, menyatukan sifat serta gambar diri-Nya dalam kehidupan mereka, sehingga dibawa kepada suatu tujuan yaitu menjadi serupa dengan Kristus.

Aplikasi: Kita akan menjadi seperti apa yang kita sembah!


KESIMPULAN. Hadirat Tuhan adalah tempat terindah di dunia ini. Kedudukan, popularitas, harta, kerabat, sahabat, pelayanan dan keluarga tidak bisa menjadi pengganti dari kepuasan hadirat Tuhan. Jadikan Doa, Pujian dan penyembahan sebagai gaya hidup kita, maka berkat – berkatNya menjadi bagian kita. Amin. Berilah ilustrasi/kesaksian untuk aplikasi!

Write a comment:

You must be logged in to post a comment.

Loading...